Alfamart Class Hadir di SMK Tritech Informatika

Alfamart Class Hadir di SMK Tritech Informatika

Jumat, 19 September 2014 20:26
Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT) melakukan kerja sama dengan SMK Tritech Informatika untuk memberikan program penyusunan materi pendidikan ritel, yakni Alfamart Class. Program Alfamart Class merupakan program kerja sama antara Alfamart, Dinas Pendidikan dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Komisaris PT Alfamart Komjen (Purn) Drs Ahwil Lutan menjelaskan, industri ritel membutuhkan SDM dalam jumlah besar, dimana industri ini merupakan industri padat karya karena pelayanannya yang diberikan dilakukan oleh SDM yan baik. Untuk mendapatkan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidaklah mudah. Untuk itu  alfamart class diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM tersebut.
"Program Alfamart Class merupakan program dari PT Alfamart yakni membantu pihak SMK dan memperluas ,memfasilitasi proses pembelajaran melalui penyediaan sarana praktek siswa, magang siswa, pelatihan pendidikan ritel bagi para pengajar maupun mendukung proses pembelajaran lainnya. Ke depannya lulusan program Alfamart Calss dipastikan dapat bekerja pada jaringan toko Alfamart, katanya melalui pers rilis yang diterima Tribun Medan, Jumat (19/9/2014).
Sedangkan, Corporate Affairs Director PT SAT, Solihin menjelaskan bentuk dari program ini adalah penyusunan materi pendidikan ritel untuk jenjang pendidikan SMK yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK. Menurut Solihin, tujuan program ini adalah untuk mempersiapkan tenaga kerja siap pakai untuk lulusan SMK agar mampu bersaing, khususnya di industri ritel.
"Industri ritel membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah besar. Industri ritel adalah industri padat karya, karena pelayanan yang diberikan dilakukan oleh SDM. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidaklah mudah. Alfamart Class diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini," ujarnya.
Dia mengemukakan Alfamart sebagai laboratorium ritelnya, di SMK Tritech Informatika ini laboratorium ritelnya benar-benar toko Alfamart sehingga para siswa dapat langsung mengaplikasikan ilmunya. Alfamart Class juga telah dilaksanakan PT SAT bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo,  Pemerintah Kabupaten Madiun, dan Makassar.
"Pada program Alfamart Class, PT SAT akan membantu pihak SMK dengan memfasilitasi proses pembelajaran  melalui  penyediaan sarana praktek  siswa,  magang siswa, pelatihan pendidikan ritel bagi para pengajar, maupun pendukung proses pembelajaran lainnya. Kedepannya, lulusan Program Alfamart Class dipastikan dapat bekerja pada jaringan toko Alfamart," katanya.
Wali Kota Medan, H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi kerjasama pendidikan ritel  yang dilakukan antara PT  Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan SMK Tritech Informatika. Apalagi kerjasama itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan anak didik menghadapi pasar bebas pada tahun 2015 mendatang.
"Tahun 2015 mendatang Indonesia akan menghadapi pasar bebas ASEAN dimana berbagai macam barang komoditi dan jasa dari negara negara ASEAN akan bebas masuk tanpa adanya biaya pajak impor yang tinggi. Tentunya dalam menghadapi tantangan tersebut, kita harus siap sedia menghadapi perdagangan bebas, mulai persiapan keamanan, ekonomi, budaya, infrastruktur serta daya saing sumber daya manusia, ujarnya.
Selain itu, kata dia, menghadapi ASEAN Community 2015 tentunya sebagai peserta didik harus menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi dan informasi. Dengan begitu ketika bekerja nanti ataupun dalam menciptakan lapangan pekerjaan, mampu membaca peluang dunia usaha dan industri sehingga dapat bersaing dalam pasar perdagangan bebas ASEAN tersebut.
"Selaku Wali Kota saya sangat menyambut baik beberapa komponen yang dilakukan SMK Tritech Informatika dalam rangka mempersiapkan anak didik menghadapi Asean Community, seperti menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industry. Selain itu juga  melakukan kurikulum bersama sebagai bagian dari upaya mendidik siswa siswi SMK Tritech Informatika menjadi SDM yang handal dan profesional," ungkapnya.