Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Kepala Sekolah

Staff dilingkungan Kepala Sekolah

Untuk membantu dan memperlancar tugas-tugas dari Kepala Sekolah ada baiknya mempunyai 2 (dua) orang staff yaitu Staff Internal (urusan di dalam sekolah), Staff Eksternal (urusan ke luar sekolah) dan Staff Keuangan Sekolah.

Ø  Staff Internal; adapun tugas dan wewenang daripada bagian ini adalah sebagai berikut :

1)   Merupakan Staff yang membantu kelancaran tugas dari Kepala Sekolah untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Wakil Kepala Sekolah, BK, Wali Kelas dan Guru Subjek;

2)   Mengerjakan pendataan terhadap kondisi kinerja Wakil Kepala Sekolah, BK, Wali Kelas dan Guru Subjek;

3)   Sebagai pusat penerangan/juru bicara dari Kepala Sekolah;

4)   Menyiapkan laporan lengkap perhari tentang permasalahan yang berkenaan dalam proses mengajar dan belajar seperti Kehadiran, Ketidakhadiran, ijin pulang, kesiapan fasilitas proses pembelajaran, mengaturan tanda masuk, istirahat dan pulang pembelajaran baik Peserta didik, Wakil Kepala Sekolah, Bk, Wali Kelas maupun Guru Subjek.

Ø  Staff Ekstrenal; adapun tugas dan wewenang daripada bagian ini adalah sebagai berikut :

1)   Mengerjakan pendataan Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk administrasi di Dinas Pendidikan;

2)   Mengerjakan pendataan Peserta Didik untuk administrasi di Dinas Pendidikan;

3)   Event Organizer (EO) kegiatan-kegiatan sekolah yang membutuhkan hubungan rekanan dan sponsorship kegiatan-kegiatan pembelajaran diluaran sekolah seperti  Kegiatan Belajar Lapangan Siswa (Fieldtrip), mingguan kegiatan bidang pelajaran, Bakti Sosial Sekolah dan Kegiatan Keagamaan yang di rencanakan di sekolah.

Ø  Staff Keuangan; adapun tugas dan wewenang daripada bagian ini adalah :

1)   Merupakan Staff yang membantu kelancaran tugas dari Kepala Sekolah untuk melakukan pengaturan Kesejahteraan untuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, BK, Wali Kelas dan Guru Subjek dan Staff Keuangan itu sendiri;

2)   Mengerjakan pendataan terhadap kondisi kinerja Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, BK, Wali Kelas dan Guru Subjek;

3)   Menyiapkan laporan lengkap perhari tentang permasalahan distribusi gaji penambahan dan pengurangan yang berkenaan dalam Kehadiran, Keterlambatan masuk Kerja, Ketidakhadiran dan ijin pulangKepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bk, Wali Kelas, Guru Subjek maupun Staff Keuangan itu sendiri; distribusi dana insentif dari Pemerintah, Dana STM, Kegiatan-Kegiatan Sekolah dan Dana Pembinaan serta Kelengkapan Proses Pembelajaran Siswa.

Wakil Kepala Sekolah

Wakil Kepala Sekolah merupakan organ yang terdapat di SMA Tritech Informatika Medan yang mempunyai funsi dan wewenang untuk membatu kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah. Wakil Kepala Sekolah terdiri atas tiga bidang yaitu bidang umum, kurikulum dan kesiswaan

Wakil Kepala Sekolah bidang Umum; tugas, fungsi dan wewenangnya menggantikan Kepala Sekolah baik bersifat berhalangan sementara maupun tetap.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum; tugas, fungsi dan wewenangnya adalah menyaipkan, merancang, menyusun dan menerapkan kurikulum yang diberlakukan di SMA Tritech Informatika Medan ini.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan;tugas, fungsi dan wewenangnya adalah menyaipkan, merancang, menyusun dan menerapkan tata tertib siswa diSMA TRITECH INFORMATIKA MEDAN.

Kopartemen

Kopertemen merupakan wujud komponen dalam Sekolah berupa pengelompokan berdasarkan bidang keahlian yang ada di SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Kopertemen ini terdiri atas : Kopartemen Sains, Kopartemen Humaniora dan Budaya. Kopartemen terdiri lagi atas Departemen-Departemen (Departemen Ilmu Sosial, Depatemen Urusan Kesusilaan, Departemen Bahasa, Departemen Seni dan Sport serta Depatemen Sains dan Tekonologi.

 

Adapun Departemen ini merupakan pengembangan ajar di SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN berdasarkan Matapelajaran yang diajarkan.

v  Departemen Sosial Sains;merupakan kumpulan Guru yang mengajar di Matapelajaran Ilmu Sosial dengan profesional dari bidang Sejarah, Ekonomi, Antropologi dan Sosiologi.

v  Departemen Urusan Kesusilaan; merupakan kumpulan Guru yang mengajar di Matapelajaran Pkn dan Agama dengan profesional dari bidang Pancasila, Kewarganegaraan dan Agama.

v  Departemen Bahasa; merupakan kumpulan Guru yang mengajar di Matapelajaran Bahasa dan Sastra dengan profesional dari bidang Bahasa dan Sastra Indonesia, Inggris dan Arab, Mandarin, Jepang, Korea dan Prancis.

v  Departemen Seni dan Sport;merupakan kumpulan Guru yang mengajar di Matapelajaran Seni Budaya, Penjas dan Prakarya dengan profesional dari bidang Seni, Prakarya dan Olah Raga.

v  Depatemen Sains dan Informatika;merupakan kumpulan Guru yang mengajar di Matapelajaran Ilmu Alam dan Teknologi Informatika dengan profesional dari bidang Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Sistem Operasi, Progam Web, Pemograman Dasar, Simulasi Digital, Jaringan Dasar, Pengelolaan Citra Digital, Komposisi Foto Digital, Teknik Animasi 2 D, Teknik Animasi 3 D dan Sistem Komputer.

Tugas dan Wewenang Kopartemen :

1.    Merancang dan menyiapkan Pengembangan disiplin ilmu sesuai silabus;

2.    Merancang dan menyusun Kalender Akademik;

3.    Menentukan dan menetapkan hasil evaluasi pembelajaran dari Peserta Didik.

Struktur Birokrasi Kopartemen adalah sebagai berikut :

1)   Kepala Kopartemen;

2)   Seketaris Kopartemen;

3)   Departemen;

Tugas dan Wewenang Departemen :

1.    Merancang dan menyiapkan Pengembangan Perangkat Pembelajaran sesuai silabusdisiplin ilmu masing;

2.    Merancang dan menyusun Kalender Akademik Departemen masing-masing;

3.    Menentukan dan menetapkan hasil evaluasi pembelajaran dari Peserta Didik sesuaidisiplin ilmu masing.

Struktur Birokrasi Departemen adalah sebagai berikut:

1)   Kepala Departemen;

2)   Seketaris Departemen;

3)   Guru Subjek.

Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling merupakan bagian untuk melakukan pembinaan dan kelancaran akadimik siswa serta dapat menangani masalah-masalah yang terjadi pada siswa.

Kepala Labotorium

Kepala Laboratorium merupakan bagian yang menangani proses kelancaran pembelajaran yang sifatnya pratikum.

Kepala Laborotorium terdiri atas :

1)   Laboratorium Bahasa;

2)   Laboratorium Sains;

3)   Laboratorium Art;

4)   Laboratorium Teknologi.

Wali Kelas

Wali Kelas merupakan Pengkoordinir dalam menyelenggarakan administrasi dan kesiapan Siswa di kelas dalam proses pembelajaran serta kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan belajar dan studi belajar (field trip).

Tugas Wali Kelas :

Sebelum pembelajaran, menyiapkan siswa untuk memulai hari belajar melalui medium :

1)   analisis kondisi siswa;

2)   pengecekan agenda kelas;

3)   pengecekan proses kelancaran mengajar dan belajar setiap harinya;

4)   penyelesaian masalah siswa yang menjadi binaannya;

5)   Perekomendasikan siswa nya untuk kepentingan akademik seperti bea siswa;

6)   Memastikan kelancaran dana-dana pendidikan yang dibutuhkan untuk kelancaran proses pembelajaran siswa;

7)   Sebagai jembatan antara sekolah dan orang tua/wali orang tua.

Guru Subjek (Bidang Studi)

Guru Subjek merupakan guru-guru yang mengajarkan matapelajaran yang menjadi materi pembelajaran diSMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN.